Sabtu, 21 Mei 2011

Suzuki Vitara EPI 1995, Cinta Abadi Tetap Bersemi

Otomotif | February 22, 2011 at 09:35
20110207TematisVItara Suzuki Vitara EPI 1995, Cinta Abadi Tetap Bersemi

Jakarta – Mengenang masa sekolah memang indah. Apalagi ketika masa pubertas tersebut sudah memiliki mobil idaman. Seperti yang dialami Benyamin Faizurahman Fahmie saat memutuskan meminang Suzuki EPI pada 6 April 1995.

Cinta pada pandangan pertama, alasan Benyamin yang saat itu ambil keputusan mengeliminasi tawaran sedan Mazda Familia yang juga gres. Cintanya terhadap bersemi saat mendapat kesempatan untuk mencicipi versi dua pintu soft top pada 1990.

Ketika itu belum masuk Indonesia dan kebetulan sang ayah yang sempat menjadi petinggi grup Indomobil, ATPM Suzuki, memberinya kesempatan istimewa ini. Sejarah mobil ini terlalu panjang, dulunya juga dipakai ibu saya, sering keluar-masuk pasar, senyumnya mengenang SUV berkelir biru ini yang sudah menembus jarak tempuh 300 ribu km hingga kini.

20110207TematisVItara1 Suzuki Vitara EPI 1995, Cinta Abadi Tetap Bersemi
Kabin merah cukup apik dengan kelengkapan opsional kabin versi JDM. Jok merek Recaro dan sunroof eks Toyota sebagai aksen

Tepat setelah tamat dari SMA Pangudi Luhur, Jaksel, pria berambut gondrong ini menjadikan sebagai andalan harian sampai sekarang, di samping Hyundai Santa Fe 2001 yang sesekali dikemudikannya keluar kota.

Menurut pemukim kawasan Bintaro, Jaksel ini, punya fitur lebih komplet dibanding saudara satu generasinya, yakni dan Sidekick.

Beruntung Benyamin memilih varian EPI yang sudah mengaplikasi sistem injeksi elektronik. Selain sudah menerapkan gerak roda 4×4, disinyalir populasinya tak lebih dari 300 unit. Selama lebih dari 15 tahun, berbagai pernik kepunyaan dari berbagai versi diburu dan dikumpulkan.

Saat ini yang telah terpasang antara lain switch fog lamp, headlamp washer lengkap dengan swicth, dimmer, cup holder, stop lamp, side marker hingga pintu belakang yang masing-masing merupakan versi JDM (Japan Domestic Market) dan USDM (United States Domestic Market).

Lebih hoki lagi, belum genap setahun, sebuah dengan tipe dan tahun produksi yang sama berhasil didapatkan dalam kondisi fisik hampir orisinal. Hanya kondisi kaki-kaki dan interior yang tidak terawat.

20110207TematisVItara2 Suzuki Vitara EPI 1995, Cinta Abadi Tetap Bersemi
biru memakai sokkbreker Roadwin model adjustable 8 way (kiri).Pintu belakang versi JDM di merah, pembedanya ada di model dudukan pelat nomer (kanan)

Namun cat, mesin dan sebagian besar kompartemen bodi asli masih asli bawaan pabrik. Sekalian saja saya rapikan, ganti pelek dan ban lalu ditinggikan, girang pria yang juga modifikator ini. Semakin bangga karena jarak tempuh di odometer baru menghabiskan 89.940 km.

Saat ini pasaran dengan pasokan karburator mulai Rp 60 juta dengan tahun produksi paling awal 1993. Kalo yang EPI lebih tinggi, minimal Rp 90 juta, sebutnya. Ke depannya, selain perawatan intensif, beragam aksesori versi JDM masih tercantum dalam daftar buruannya.